Selasa, 09 Desember 2008

Dari Pecinta Tetralogi Laskar Pelangi Part-8

Hari itu ratusan penggemar Jim Morrison (the doors) dari berbagai belahan dunia bersimbah air mata. Mereka melakukan penghormatan kepada Sang Legenda dengan caranya masing2, seorang lelaki tua, dengan kecapinya, membawakan lagu abadi Jim: "end of night", lagu yang sepanjang hari ini diputar di radio-radio Paris. Seorang wanita kulit hitam meniup sexophone melantunkan "Amazing Graze". Para hadirin segukkan. Aku (ikal) terhanyut dalam kesedihan sekaligus takjub dengan kharisma almarhum. Seorang pria jepang memainkan lagu Jim yang lain "light my fire" dengan harmonika. Silih berganti pengagum Morrison mengungkapkan perasaannnya. Hening sejenak, lalu seorang kerempeng berpakaian rombeng seperti gipsi, gembel lebih tepatnya, tampil ke depan. Wajahnya sendu. Ia tampak sangat terpukul atas kepergian artis pujaaan hatinya. Lama ia terpengkur kemudian pelan2 ia mengeluarkan secarik kertas dari sakunya. Dipekikkannya untaian kata yang sangat pedih sambil menepuk-nepuk dadanya.
"puisi ini untuk satu2nya cinta dalam hidupku! Zakiah Nurmala....
Disini! Disaksikan pusara Jim Morrison
kukatakan padamu!
Rampas jiwaku!
Curi masa depanku!
Jarah harga diriku!
Rampas semua milikku!
Sita!
Sita semuanya!
Mengapa kau masih tak mau mencintaiku?!

Tak ada yang paham kalau puisi itu bukan untuk Jim. Namun Jim Morrison dan Zakiah Nurmala adalah belahan hati Arai, keduanya telah menempati kamar yang menyesakkan dadanya. (Mengapa Kau Masih Tak Mencintaiku from Edensor)

Love, cinta, ich liebe dich, iseteru, amor, apapun itu namanya tetap indah didengar meskipun kadang di dalamnya ada bahagia, sedih, luka, senang, everything and without love we are nothing.
Sedikit kutipan dari mozaik 16 di buku edensor ini, andrea menuangkan arti cinta yang sebenarnya, yang "deep" penuh dengan liku2, perjuangan, pengorbanan tapi disajikannya dengan begitu menarik dan benar2 sampai tepat sasaran.

Arai, si simpai keramat yang selalu percaya kekuatan mimpi, menaklukkannnya dan mampu meraih segalanya tapi tidak cinta dari Zakiah Nurmala.
Zakiah Nurmala, diceritakan andrea sebagai sosok perempuan beletong yang pandai, cerdas dan menarik. Arai mencintai Zakiah Nurmala seperti orang kedua dalam hidupnya setelah Jim Morrison sang artis pujaan arai. Zakiah dan Jim adalah bagian dari hati arai. Mulai pertama masuk SMA, arai sudah menyukai Zakiah, tapi dengan sebelah mata Zakiah menolak arai dan tak mau sedikitpun menghargai perjuangan arai untuk mendapatkannya. Sampai akhir cerita ini arai masih berjuang dan tetap percaya untuk cinta sejatinya itu. Memang arai adalah tokoh sejati, meskipun dengan putih hatinya dia kelihatan sangat sempurna, tapi sesungguhnya tak ada kesempurnaan dalam diri seseorang. Buktinya arai yang mampu menaklukkan mimpi2nya tapi tidak untuk Zakiah Nurmala , wanita pujaannya.
Et...tapi di Maryamah Karpov novel ke-4 dari Tetralogi, qta akan tahu kalau arai benar2 penakluk mimpi sejati, penasaran?? di novel itu qta akan tahu nasib akhir percintaan Arai dan Zakiah Nurmala!!! ( put, sorry... jangan marah!!! peace ach..)

Conclusion ending part-8 :
Sebenarnya, seberapa dalam qta menafsirkan "cinta sejati". Cinta yang smpurna? apakah hanya sebatas ingin memiliki orangnya? hatinya? demi apa? materi? nafsu? hasrat? keinginan sesaat? tuntutan orang tua? usia? what????
Sampai saat ini, aq tidak pernah mengerti, tapi sebenarnya cinta sejati akan begitu sempurna apabila tujuannya untuk IBADAH.
Mengapa ibadah?? Cinta sejati yang pasti balasannya adalah cinta kita kepada Allah Sang Maha Agung. Karena yakinlah apabila qta benar2 mencintai Allah, maka apapun yang qta inginkan di muka bumi ini akan dikabul dan diberikan se-sempurna mungkin... Insyaallah.
Jangan pernah percaya kepada manusia seutuhnya, karena manusia hanya tempat salah dan dosa, jadi percayalah kepada Tuhanmu sebelum siapapun, Insyaallah hidup qta akan indah, malah akan jauh lebih indah diluar dugaanmu..Amin

intermezo:
Thanx u bgt,, bwat yang udah masuk coment ke blog butterfly aq.. salam kenal juga dari aq miss.butterfly (hohoi..) bukannya sombong ga mau buka jati diri aq yang sebenarnya, tapi aq cuman merasa tulisan di blog aq ini masih awut2tan n banyak nyonteknya.. begitu bu..pa!!
siapapun kamu, thanx u so much..i'm so appriciate that and welcome to the club (para pecinta Tetralogi)
-Arigatogozaimasita-

Tidak ada komentar: