Kamis, 13 Agustus 2009

Exhausted

sebel.. jengkel atau gondok (entah apalagi kata2 yang tepat) ketika kita gak lagi bisa mikir. apalagi kalau lagi dikejar deal line. "harus selesai besok.."

Kondisi ini pasti pernah dialami banyak orang. atau mungkin setiap orang waras pernah merasakan ini? may be...

Nah.. inilah yang aku rasain sekarang. Jangan tanya apa sebabnya. karena kadang, kondisi ini datang tiba2. sebagai orang yang mempelari kejiwaan manusia, ya aku gak pernah tahu.. why, the feel coming? yang jelas, asli.. kondisi ini bikin sebel dan terasa sangat mengganggu. kondisi ini bikin emosi gak stabil. pengennya marah melulu.

Dan yang nyebelin lagi... kondisi ini kok berhubungan dengan pencernaan juga. Laper melulu.. he.. he...
sebabnya kenapa? mungkin banyak sebab. Bisa karena suasana yang gak menyenangkan. bisa juga karena beban kerjaan yang over load atau ada sesuatu yang dipikirin dan belum ketemu jawabannya. Kayaknya sih buanyak. mungkin kalau kita konsultasi sama pskiater, akan ketahuan apa2 saja nya.

Tapi kalau dampaknya, banyak juga. Dan kalau gak mampu di manage, berbahaya juga. misalnya emosi yang gak stabil, bisa nyebabin perang teluk (mungkin, waktu bush nyerang irak juga pas lagi stak juga kali yaaa). selain emosi jadi gak stabil, juga jadi gak produktif. Nongkrong di depan komputer, tapi gak ngerjain apa2. dan gak bisa juga diajak mikir.. kacau betul kan???
masalah semakin berat kalau kebetulan saat itu dead line dari kerjaan kita. Nah loh.. ini bisa jadi disaster betulan..

what can be done?
Cari suasa baru. suasana itu gak harus jauh atau tempat yang mahal. cukup cari udara terbuka, yang banyak pepohonan. ideal lagi kalau ada kolam ikan, (kayak di kantor WALHI, he.. he..) dan tarik nafas dalam2. Hembuskan perlan2. ulang berulang2 sampe terasa sedikit nyaman. Coba jalan beberapa meter, 100 meter lumayan lah sambil membuka pandangan secara bebas. liat anak kecil yang lagi maen misalnya atau orang yang sedang bekerja. usahakan seluruh badan dibuat rilek.

Jangan langsung duduk lagi di depan komputer atau langsung mengerjakan kerjaan dulu dong. Ngobrol2 ringan sama teman. bisa tentang film, music atau hobby lama kita. Indah lagi kalau sambil denger musik yang lembut. dire strait asyik juga tuh...
5 - 10 menit cukup lah.

Setelah itu, segera kembali ke pekerjaan kita. kalau lagi bikin laporan, ya mulai lagi dibikin. kalau lagi buka mesin mobil ya terusin. Apakah ada perubahan? apakah pikiran kita sudah bisa diajak kompromi untuk bekerja kembali.
Belom???? ulangi lagi... keluar, cari suasa yang lain selain tempat kerja kita.. dst
Kembali lagi...???

Nah, kalau belom juga.. alias kita masih stak, gak bisa mikir.. sebaiknya kita segera mengagendakan waktu untuk pergi ke psykolog. karena kita sudah masuk pada taraf yang gawat... karena kita sudah mendekati gila..
Benarkah????
Gak juga..
sebenarnya, yang kita butuhkan adalah relax. keluar dari rutinitas. Tidur mungkin akan sangat membantu. Atau berkencan... he.. he..
tapi untuk yang terakhir, kadang masalah memuculkan masalah baru tuh...

Lelah Otak... istirahatlah kawan.. karena, pekerjaan gak akan pernah selesai.. sampai dunia ini berhenti berputar. Jangan merasa, bahwa kalau tidak kita kerjakan, dunia ini akan berhenti berputar.. ok


Tidak ada komentar: